Saturday, October 6, 2012

Khasiat Kulit Manggis

baseline 

Kulit manggis untuk kanker adalah postingan yang di ambil dari majalah trubus edisi 503-oktober 2011/XLII dengan judul asli :
Kulit manggis : ANDAL ATASI KANKER DAN JANTUNG
silakan anda simak sendiri bagaimana ampuhnya khasiat kulit manggis untuk  kanker dan penyakit jantung,
 serta berbagai penyakit kronis lainnya.
(Siapa tahu,... suatu saat artikel ini berguna bagi anda, keluarga atau teman2 anda)
 

Kulit manggis untuk jantung

Koper terakhir itu gagal terangkat ketika George Leasa SH MH mengerang keras, “aduh, sakit.” Mantan dekan Fakultas Hukum Universitas Pattimura itu menjatuhkan koper yang relatif ringan. Hampir saja tubuh Goerge ambruk menyusul koper bila sang istri tak bergegas merangkul.
Istri tercinta bergerak cepat, membawa George Leasa ke rumah sakit di Kota Ambon, Provinsi Maluku. Hasil permeriksaan dengan ekokardiogram membuktikan, ayah tiga anak itu positif jantung koroner. Untuk mengatasi pembunuh nomor dua itu, ia opname selama 10 hari sejak 31 Maret 2011. Ketika itulah ia mengkonsumsi vitamin untuk jantung serta obat pengencer darah dan memperkuat otot jantung.
Sayang, kondisi kesehatan alumnus Fakultas Hukum Universitas Pattimura, itu tak kungjung membaik. “Rasa nyeri di dada masih terasa,”kata ayah 3 anak itu. Itulah sebabnya dokter merujuk ke rumah sakit khusu jantung di Jakarta, pada 10 April 2011. Goerge langsung menjalani kateterisasi. Hasilnya mengejutkan, penyumbatan pada pembuluh darah jantung di bagian kiri 100%. Pada kondisi itu darah sama sekali tidak mengalir. Plak juga menyumbat 2 titik di pemuluh darah di kanan jantung, 70% dan 80%.
Batal pasang cincin
Menurut ahli jantung di rumah sakit Omni, Pulomas, Jakarta Timur, dr. Henri Pakpahan SpJP, penyumbatan pembuluh darah hingga 100% menyebabkan aliran darah yang mengangkut oksigen dari jantung ke organ tubuh terhambat. Akibatnya organ tubuh lain kekurangan okisgen, sehingga terasa sakit persis yang terjadi pada George ketika mengangkat koper sang adik yang hendak ke luar kota. Resiko terbesar adalah kematian.
Henri Pakpahan mengatakan penyumbatan itu akibat penumpukan lemak di arteri alias pembuluh darah jantung. Penyebabnya konsumsi makanan berlemak yang berlebihan. Goerge memang penikmat coto Makassar, gulai kambing, dan daging babi dalam sehari-hari. Celakanya ia tak gemar berolahraga. Doker menawarkan 2 pilihan untuk mengatasi penyakit yang menduduki peringkat ke-2 perenggut jiwa setelah kanker itu: pemasangan cincin atau terapi obat.
Pria 61 tahun itu memilih operasi pemasangan cincin yang saat ini berbiaya Rp 25-juta – Rp 35-juta untuk sebuah ring yang belum termasuk obat pasca operasi. Padahal dokter meski memasang 3 cincin untuk menopang pembuluh darah yang menyempit di jantung gg. Dokter semula menjadwalkan operasi pada 4 Mei 2011. Namun pada saat itu George mengkonsumsi obat pengencer darah resep dokter dari rumah sakit di Ambon. Konsumsi obat pengencer darah memicu pendarahan hebat saat operasi. Itulah sebabnya dokter yang menangani George sepakat menunda operasi sepekan kemudian.
Selama menanti itulah George berjumpa kerabat yang menganjurkan untuk mengkonsumsi jus kulit manggis. Dosen itu minum 40 cc jus kulit manggis 3x sehari. Baru juga 2 hari mengkonsumsi, George merasa bugar. Napas tidak lagi tersenggal-sengal dan nyeri di dada kiri juga hilang. Atas dasar itulah ia memutuskan untuk menunda operasi.
Hasil pemeriksaan terakhir di rumah sakit di Surabaya pada tanggal 21 Agustus 2011, menunjukan penyumbatan pembuluh jantung bagian kiri berkurang menjadi 65%. Dua penyumbatan lain di bagian kanan berkurang masing-masing 44% dan 45%. Dokter menyarankan George agar rajin berolahraga dan menjaga pola makan.
Olah sendiri
Khasita manggis mengatasi jantung koroner itu sejalan dengan riset Dachriyunus. Peneliti dari Jurusan Farmasi, Universitas Andalas,itu menunjukan 30 mg ekstrak manggis per kg bobot tubuh mampu menurunkan 24,55% kadar kolesterol total pada darah mencit. Begitu Dachriyunus meningkatkan dosis menjadi 100 mg, kadar kolesterol turun 42,26%. Pantas pembuluh darah jantung George yang semula menyempit akibat timbunan kolesterol, terus terkikis. Hingga kini, George tetap rutin mengkonsumsi jus kulit manggis dengan dosis tetap.
Ia bukan satu-satunya yang merasakan khasiat kulit manggis. Kulit buah anggota family Clusiaceae itu juga membantu kesembuhan Hardjono, pengidap kanker prostat pada 2010. Pensiunan pegawai negeri itu mengkonsumsi 20 ml jus kulit manggis 2x sehari. Dua bulan kemudian, sakit mendera saat berkemih sirna. Ia kembai lancer berurine. Saying, ia belum memerikasakan diri ke dokter. Jus kulit manggis yang membantu kesembuhan mereka –George dan Hardjono- memang banyak tersedia di pasaran.
Toh banyak pula pasien degenerative lain seperti hipertensi, kanker, yang sembuh berkat kulit manggis racikan sendiri. Mereka merebus kulit manggis, menyaring, dan meminumnya (baca: Enyahlah, Virus Maut!). Beberapa herbalis seperti Valentina Indrajati di Bogor serta dr Paulus Wahyudi Halim dan Lukas Tersono Adi di Tangerang Selatan,Provinsi Banten, juga meresepkan kulit manggis dalam bentuk simplisia.
Mereka meresepkan kulit manggis untuk mengatasi beragam penyakit degeneratif. Amankah mengkonsumsi rebusan kulit manggis? Riset PT Industri Jamu Borobudur yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiayah Surakarta membuktikan, ekstrak kulit manggis tidak toksik. Melalui uji toksisitas subkronik, terbukti ekstrak kulit manggis tidak mempengaruhi profil kimia darah, ginjal, maupun hati. Hingga dosis 750 g masih aman di konsumsi.
baseline
Menurut guru besar Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, Prof Dr Sidik Apt, mengolah sendiri kulit manggis sangat mudah. Setelah mencuci bersih potong segera kulit 2 buah manggis, rebus dalam 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Air rebusan tersaring itu diminum 2x sehari. (baca: Menjemput Khasiat di Kulit). Hasil racikan sendiri tidak kalah berkhasiat ketimbang sirup siap minum. Kulit manggis yang selama ini terbuang percuma itu ternyata sebagai panasea alias obat beragam penyakit..
Apa yang menyebabkan kulit manggis ampuh mengatasi berbagai penyakit? Ahli farmasi dari Universitas Indonesia, Dr Berna Elya apt MSI, mangatakan kulit manggis mujarab mengatasi beragam penyakit berkat senyawa xanthone. Senyawa itu antioksidan tingkat tinggi. “Kandungan antioksidan kulit manggis 66,7 kali wortel dan 8,3 kali jeruk,” kata ahli pangan dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Serpong, Tangerang, Banten, Dr Ir Raffi Paramawati.
Berna menuturkan xanthone memiliki gugus hidroksida (OH) yang efektif mengikat radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merusak sel tubuh. Raffi mengatakan kulit manggis andal menetralisir radikal bebas. Lihatlah nilai oxygen radical absorbance capacity (ORAC) xanthone mencapai 17.000-20.000. Bandingkan dengan sumber antioksidan lain seperti anggur yang “hanya” 1.100; sedangkan apel 1.400.
Trio Mangostin
Alfamangosin –antioksidan kuat dan bagian kelompok xanthone- meningkatkan aktifitas enzim lipoprotein lipase dan katabolisme very low desity lipoprotein (VLDL). Itu lipoprotein berdensitas sangat rendah. Berkat enzim lipoprotein lipase, VLDL yang kaya trigliserida itu terhidrolis menjadi asam lemak dan gliserol. Hasil samping penguraian berupa kolesterol, fosfolipid, dan apoprotein yang akan dipindahkan ke HDL . akibatnya kadar kolesterol total, trigliserida, dan LDL turun; kadar HDL atau kolesterol baik meningkat.

Kulit manggis untuk kanker

Soal kulit manggis antikanker? Yukihiro Akao peneliti dari Institut Bioteknologi Gifu, Jepang, menyibak tabir itu. Menurut Akao alfamangostin berperan mengendalikan sel kanker dengan mekanisme apotosis alias proses bunuh diri. Selain itu alfamangostin juga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang sel pembunuh alami yang bertugas membunuh sel kanker dan virus.
Menurut peneliti Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Dr. Agung Endro Nugroho MSi Apt, manggis mengandung 50 senyawa xanthone. “Dari ke-50 senyawa itu yang paling banyak dilaporkan memiliki efek farmakologis adalah alfamangostin, gammamangostin, dan garsinon-E,” ujar Agung. Alfamangostin dan gammamangostin memiliki efek antioksidan.
Alfamangostin dan garsinon-E menghambat proliferasi sel kanker dengan mengktivasi enzim kaspase 3 & 9 yang memicu apoptosis atau program bunuh diri sel kanker,” ujar Agung. Pantas setahun belakangan ini kulit manggis menjadi buah bibir karena begitu hebatnya kandungan senyawa aktif itu. Akibatnya kia banyak yang memanfaatkan kulit manggis sebagi herbal. Selama ini kulit manggis di negeri produsen terbesar ke-2 itu kerap terbuang.
baseline
Padahal di Negara lain marak penelitian kulit manggis sebagai obat.Para periset di Amerika Serikat, misalnya, meneliti dan memproduksi uk kulit manggis seperti Vemma dan Xango yang juga beredar di Indonesia.
Menurut Raffi ekstrak dan jus kulit manggis menempati peringkat 10 besar sebagai suplemen makanan paling tren di Amerika Serikat versi Datamonitor’s ProductSacan online. Di Jepang juga getol meriset khasiat kulit manggis sejak 2000. Malaysia mengembangkan kulit manggis sebagai herbal antiplatelet alias obat-obat yang menghambat pembekuan darah. Di tanah air beberapa produsen seperti PT Industri Jamu Borobudur memproduksi kapsul ekstrak kulit manggis sejak 2007. Menurut Joko Kawiyanto dari PT Industri Jamu Borobudur, kapsul kulit manggis bermerek Mastin berkhasiat sebagai antioksidan serta antipenuaan dini. Irman Setiawan, manajer pabrik PT Industri Jamu Borobudur, mengatakan 20% produksi ekstrak kulit manggis diekspor ke Malaysia.
4 Attached files| 891KB

No comments:

Post a Comment